SERVIS LAPTOP ACER ASPIRE ES11 ES1-111 MATI TOTAL - AIKMEL COMPUTER

SERVIS LAPTOP ACER ASPIRE ES11 ES1-111 MATI TOTAL

1 tahun yang lalu      Servis Laptop

.

Sebagai tempat servis laptop profesional di Lombok Timur, kali ini kami di Aikmel Computer mendapat kepercayaan dari salah seorang mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani untuk memperbaiki laptop acer aspire ES11 ES1-111 miliknya yang mati total.

Sesuai dengan prosedur servis laptop yang kami terapkan, maka pertama-tama kami harus mengetahui kondisi terakhir dan sejak kapan masalah itu terjadi. Menurut pemilik, laptop ini mulanya hanya tidak bisa membaca flashdisk, semua prot usb bermasalah. Lalu coba dibawa ke temannya yang memiliki pengetahuan dasar soal servis untuk coba diperbaiki, namun ternyata membuat laptop jadi mati.

Dari informasi awal tadi kemudian kami bersama-sama dengan pemilik membuka kesing laptop, guna mengecek kondisi fisik mainboard laptop yang ada di dalamnya. Hasil yang kami perolah, RAM yang harusnya PC3L tertukar dengan jenis PC3. Perkiraan kami, kondisi inilah yang membuat laptop mati, karena besaran tegangan yang dibutuhkan kedua jenis RAM ini memang berbeda. Atau ada kesalah prosedur servis lainnya yang mungkin dilakukan oleh teknisi tersebut.

Selanjutnya kami mencoba untuk memberikan tegangan melalui adaptor untuk mengetahui kondisi mainboard ketika distimulasi tegangan. Ternyata mainboard masih bisa merespon, ketika tombol power ditekan, lampu indikator menyala. Namun, sampai beberapa menit tidak ada apa-apa yang muncul di layar LCD. Sampai kemudian laptop mati dengan sendirinya. Kami coba tekan tombol power lagi, tetapi kondisi tadi berulang kembali.

Semua informasi awal tadi kami gunakan sebagai referensi untuk tindakan selanjutnya, serta memberi gambaran besaran biaya servis kepada pelanggan.

Setelah pelanggan mendapatkan gambaran yang jelas terkait kerusakan laptop dan prakiraan biaya servis, maka kami melanjutkan proses servis pada tingkat analisa sistem elektronik yang bekerja pada mainboard laptop acer ES11 ES1-111 ini.

Hasilnya ditemukan bahwa, chipset SR1YJ yang digunakan pada mainboard ini mengalami konsleting pada internal chipsetnya. Kondisi ini mengakibatkan beban ampere saat ditekan tombol power menjadi abnormal. Idelanya dalam kondisi normal, laptop ini sudah bisa menyala pada saat tegangan sudah mencapai 0.18A. Namun pada kasus laptop ini, ampernya naik sampai 0.35A.

Untuk lebih menyakinkan, kami mecoba meraba kondisi fisik chipset ini. Ternyata suhu permukaan chipset panas, bahkan cenderung sangat panas. Kondisi ini jelas mengindikasikan bahwa chipset laptop ini bermasalah dan harus dilakukan pergantian.

Karena informasi awal pada pelanggan sudah jelas, prakiraan biaya juga sudah disetujui. Maka kami langsung melakukan pergantian dengan chipset SR1YJ ditambah dengan mengganti kembali RAM nya dengan yang baru dan yang sesuai, PC3L.

Alhamdulillah setelah melalui tahapan dan prosedur servis yang profesional dari kami, laptop kini bisa normal kembali. Untuk servis mainboard seperti ini kami memberikan garansi sampai 30 hari setelah laptop diambil oleh pemilik. Apabila terjadi kerusakan yang sama pada masa garansi, gratis servis ulang atau uang kembali.

Terimakasih atas kepercayaan Anda

Jangan lupa di share ya

Spesialis Servis Mainboard Laptop Mati Total – AIKMEL COMPUTER, Depan kantor camat Aikmel, Lombok Timur, NTB. HP: 0819-1827-7160/0823-4086-6987




Komentar Artikel "SERVIS LAPTOP ACER ASPIRE ES11 ES1-111 MATI TOTAL"