CARA SERVIS LAPTOP ASUS X200MA BLANK NO DISPLAY - AIKMEL COMPUTER

CARA SERVIS LAPTOP ASUS X200MA BLANK NO DISPLAY

1 tahun yang lalu    

.

Servisan laptop yang masuk ke meja servis Aikmel Computer kali ini adalah laptop asus x200ma blank on atau biasa juga disebut no display. Kasus no display pada laptop merupakan salah kasus yang sering terjadi selain mati total dan over heating. Penyebab dari ketiga kasus itupun menurut pengalam kami, lebih banyak kemiripannya.

Bagi teknisi laptop yang sudah terbiasa dengan kasus no display pada mainboard laptop asus x200ma, tentu sudah mempunyai gambaran-gambaran apa saja yang akan dilakukan sebelum benar-benar menganalisa secara detail penyebab dari kerusakannya. Gambaran umum itulah yang kemudian dijadikan tahapan dalam melakukan servis sebuah mainboard. Pengetahuan secara ilmiah mengenai teori servis tidak bisa dipisahkan dari pengalaman teknis yang sudah dijalani seorang teknisi. Keduanya bisa dipadukan bersamaan, sesuai kebutuhan lapangan.

Setelah dilakukan pembongkaran, kami lakukan pengecekan fisik mainboard asus x200ma ini, memeriksa kemungkinan adanya korosi dan yang lainnya. Lalu mengecek kemungkinan terjadinya konsleting pada tiap pembagian blok mainboardnya. Setelah tidak ditemukan indikasi adanya korosi dan konsleting, kami menancapkan adaptor ke mainboard untuk memeriksa tegangan-tegangan wajib yang harus ada pada mainboard ini. Hasil pemeriksaan awal ini kami jadikan acuan untuk tidakan selanjutnya.

Sebelum lebih detail, kami mencoba untuk melakukan tindakan yang biasa kami lakukan pada dalam menangani kasus no display di asus x200ma. Prinsipnya sederhana, memulai dengan pekerjaan yang ringan terlebih dahulu sebelum yang berat. Mengambil resiko yang lebih kecil sebelum resiko yang besar.

Kami sendiri mempunyai catatan mengenai beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kasus no display pada laptop asus x200ma. Mulai dari tegangan baterai cmos yang lemah, hingga pada chipset mainboardnya.

Untuk itu hal pertama yang kami lakukan adalah flash ic bios. Kami cabut ic bios laptop ini, dan langsung melakukan flashing BIOS menggunakan RT809F ISP Programmer hingga semua prosesnya selesai dan ic kami pasang kembali. Setelah mainboard dingin, kami lakukan pengetesan. Hasilnya mainboard tetap no display.

Setelah flash bios tidak berhasil, langkah berikutnya yang kami ambil adalah flash EC (embedded controller) pada mainboard ini. Untuk melakukan proses ini, kami menggunakan SVOD Programmer Versi 1.0. Singkat cerita... setelah flashing EC, ternyata laptop asus x200ma ini berhasil display.

Karena sudah display, artinya pekerjaan sudah selesai. Tanpa perlu ke tahap-tahap berikutnya. Mainboard tinggal dibersihkan, dirakit dan diujicoba sebelum konfirmasi ke user. Begitulah sedikit cerita kami dari balik meja servis Aikmel Computer, Lombok Timur. Ceritanya kepanjangan ya...? Hehe... maaf ya.

SEBAGAI CATATAN: kasus yang sama dengan tipe laptop yang sama tidak menjamin cara penanganannya sama. Jika anda mengalami masalah yang sama, sebaiknya segera dibawa ke tempat servis laptop profesional terdekat di daerah anda, untuk menghindari kesalahan penanganan yang memperparah kondisi laptop anda.

Jangan lupa dishare jika bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya.

Spesialis Servis Mainboard Laptop Mati Total – AIKMEL COMPUTER, Depan kantor camat Aikmel, Lombok Timur, NTB. HP: 0819-1827-7160/0823-4086-6987




Komentar Artikel "CARA SERVIS LAPTOP ASUS X200MA BLANK NO DISPLAY"