BIAYA SERVIS LAPTOP TOSHIBA L840D BLANK NO DISPLAY - AIKMEL COMPUTER

BIAYA SERVIS LAPTOP TOSHIBA L840D BLANK NO DISPLAY

1 tahun yang lalu    

.

Siang ini... Setelah selesai servis dua unit laptop Acer V5-132, pada kesempatan ini kami mencoba untuk  “bercerita” soal proses servis laptop toshiba L840D no display. Serta memberikan gambaran besaran biaya yang dikeluarkan. Meskipun sudah jadi hal yang lumrah bila besaran biaya servis laptop menjadi suatu hal yang  bersifat relatif untuk setiap kasus dan tempat servis.

Kasus no display, atau dikalangan teknisi ada juga yang menyebutnya blank on, dan ada juga yang menyebutnya blank hitam. Kasus yang tentu saja membutuhkan analisa panjang untuk sampai pada titik kesimpulan dari penyebab kerusakannya.

Kemungkinan penyebab kasus no display mempunyai kemiripan dengan yang ada pada kasus lcd laptop blank putih. Karena itu, proses dan tahapan dalam pengambilan tindakan servis yang dilakukan pun relatif banyak kesamaannya.

Kami anggap anda sudah membaca tulisan kami sebelumnya mengenai cara servis laptop lcd blank putih. Karena itu, pada kasus ini kami akan langsung pada inti permasalahan yang kami temukan pada laptop toshiba L840D yang sedang kita bahas ini.

Kesimpulannya, penyebab dari kasus blank on pada laptop ini adalah chipset VGA yang tertanam pada laptop ini sudah lemah. Dan menurut analisa kami tidak memungkinkan lagi untuk direball. Solusi satu-satunya hanya dengan melakukan pergantian dengan yang baru.

Terkait biaya servis laptop, perlu diketahui bahwa selain faktor biaya modal (harga chipset), Teknisi laptop biasanya juga mempertimbangkan besaran resiko pengerjaan yang dilakukan, serta biaya variabel servis lain yang berkaitan dengan proses servis, listrik, waktu dan tenaga. Jika gagal servis, minimal kerusakan laptop user sama seperti kerusakan semula dan tidak bertambah parah.

Karena resiko dari pergatian chipset dan VGA cukup tinggi, besaran biaya servis untuk kasus seperti ini biasanya berkisar 800 ribu sampai 1,2jt rupiah. Tergantung jenis laptop dan tipe chipset/VGA yang dipakai. Besaran biaya itu bisa saja mencapai 1.5jt – 2jt rupiah bila yang rusak adalah processor laptopnya. Terutama pada processor core i3, core i5 dan core i7 seri terbaru yang biasanya menempel langsung pada papan mainboard.

Banyangkan saja, harga sebuah processor core i3 saja mencapai 1.3jt lebih, belum termasuk ongkos kirim dll. Apabila terjadi kesalahan dalam proses pemasangan lalu servisan gagal, otomatis kerugian yang ditanggung oleh teknisi sebesar modal yang telah dikeluarkan untuk membeli processor tersebut. Belum lagi ditambah dengan biaya listrik dari BGA yang digunakan, “harga” dari waktu serta tenaga yang dikeluarkan selama proses servis.

Sebagai tempat servis propesional, sudah pasti beban-beban biaya itu tidak akan dibebankan kepada user. Seperti di Aikmel Computer, user hanya membayar biaya servis bila laptop mereka berhasil kami servis. Dan apabila terjadi kegagalan, user sama sekali tidak menanggung kerugian materi apapun.

Lalu berapa biaya pergantian VGA pada laptop toshiba L840D ini di Aikmel Computer...? Langsung saja kami jawab: sembilan ratus lima puluh ribu rupiah. Garansi servis 30 hari setelah laptop diambil. Dengan jaminan servis gratis atau uang kembali 100% bila kerusakan yang sama terulang kembali.

Sekali lagi besaran biaya itu relatif, tergantung kebijakan masing-masing tempat servis. User adalah raja yang berhak bebas memutuskan dimana dia servis laptopnya. Pun juga dengan seorang teknisi laptop, ia jugai raja yang berhak menentukan kebijakan di tempat servisnya. Saling Mengerti itu Indah. Demikian ulasan kali ini... Silahkan dishare bila bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya.

Spesialis Servis Mainboard Laptop Mati Total – AIKMEL COMPUTER, Depan kantor camat Aikmel, Lombok Timur, NTB. HP: 0819-1827-7160/0823-4086-6987




Komentar Artikel "BIAYA SERVIS LAPTOP TOSHIBA L840D BLANK NO DISPLAY"